Berapa jumlah komisi perantara atas penjualan tanah?

Jasa perantara penjualan tanah terkadang dibutuhkan ketika anda ingin segera menjual tanah yang dimiliki karena kebutuhan dana yang mendesak. Tentunya ketika andamenggunakan perantara menjual tanah maka ada komisi yang harus anda berikan kepada pihak perantara sebagai imbalan jasa atas upayanya membantu menjual tanah tersebut. Namun terkadang sebagai penjual anda belum mengetahui berapa jumlah komisi perantara atas penjualan tanah? Untuk lebih jelasnya dalam artikel ini akan diberikan beberapa informasinya untuk anda.

Jumlah Komisi untuk Perantara Penjualan Tanah

Bagi anda yang akan menggunakan jasa perantara untuk penjualan tanah sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu komisi yang akan anda berikan pada perantara tersebut. Meskipun demikian ternyata tidak ada aturan yang mengikat mengenai besarnya jumlah komisi yang harus anda berikan pada seorang perantara penjualan tanah. Biasanya nilai tersebut bergantung dari kesepakatan kedua pihak antara penjual dan perantara.

Namun meskipun tidak terdapat peraturan yang tertulis dan mengikat mengenai jumlah komisi perantara tetapi perlu anda ketahui bahwa memberikan komisi merupakan sebuah kewajiban penjual. Adapula penjual dan pembeli yang membagi rata komisi yang akan diberikan bagi perantara sehingga komisi tersebut ditanggung oleh penjual dan pembeli. Karena tidak adanya aturan yang mengikat maka besarnya komisi penjualan tanah bisa diberikan dengan kisaran rentang komisi.

Ternyata jika perantara penjualan tanah tersebut sudah legal maka komisi yang diperoleh oleh pihak perantara adalah sebesar 2% dari total nilai transaksi penjuala tanah tersebut. Tetapi ada pula beberapa perantara yang menerapkan standar komisi penjualan tanah dengan besar 3% jika harga jual tanah kurang dari atau sama dengan 1 Milyar rupiah. Besar komisi 2,5% jika harga jualn tanah lebih besar dari 1 Milyar rupiah . Besar komisi 2% jika harga jual lebih besar dari 3 Milyar rupiah. Tetapi pastikan membuat kesepakatan di awal antara penjual dan perantara untuk memperoleh kesepatan besarnya komisi sehingga tidak ada pihak yang merasa keberatan.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai bersanya jumlah komisi bagi perantara penjualan tanah yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin menjual tanah maka perhatikan betul jumlah komisi untuk perantara supaya tidak ada pihak yang dirugikan atas penjualan tanah yang anda miliki tersebut.

Syarat dan ketentuan pengajuan Kredit Pemilikan Tanah (KPT)